KISAH PENCARIAN JATI DIRI ANAK

KISAH PENCARIAN JATI DIRI ANAK – FILM THE GOOD DINOSAURUS. Film “The Good Dinosaurus” adalah film pertama yang perlu di abadikan di blog ini karena telah berhasil membuat anak lelakiku yang saat itu berusia 9 tahun ikut terharu menyaksikan petualangan Arlo. Kisahnya yang sederhana justru membuat anak usia 9 tahun lebih mudah memahaminya.

“The Good Dinosaur” bercerita tentang keluarga dinosaurus yang terdiri dari Henry sang Ayah, Ida sang Ibu dan ketiga anaknya;  si sulung Libby, si tengah Buck dan si bungsu Arlo. Arlo yang terlahir dari telur terbesar justru bertubuh paling kecil dibanding kedua kakaknya. Selain itu, Arlo juga penakut. Tak jarang, kedua kakaknya mengerjai Arlo, seperti Buck yang menakuti Arlo saat di kandang ayam. Ayah dan Ibu mendidik ketiganya pekerjaan di ladang. Pada usia yang ke 10, Libby dan Buck berhasil menapakkan jejak kakinya di lumbung penyimpanan makanan sebagai tanda mereka sudah berhasil melakukan pekerjaan besar, dengan membersihkan pepohonan dan membajak ladang. Namun Arlo, belum juga mampu melaksanakan tugasnya.

kisah pencarian jati diri anak

Sang Ayah, Henry, memutuskan untuk membawa Arlo keluar ke lapangan pada malam hari. Lagi-lagi Arlo ketakutan karena seekor serangga mendarat di hidungnya. Kemudian sang Ayah, menunjukkan bahwa itu adalah kunang-kunang.

"Terkadang, kamu harus melewati rasa takutmu untuk melihat keindahan di sisi lain," katanya pada Arlo. Lalu ia melambaikan ekornya melalui rerumputan, yang menyebabkan semua kunang-kunang terbang dan mengeluarkan cahaya yang indah. Arlo pun gembira dan melakukan hal yang sama seperti ayahnya.

Keesokan harinya, Arlo mendapat tugas dari Ayahnya untuk menangkap makhluk liar yang mencuri persediaan jagung. Arlo diajari membuat jebakan dengan tali dan diminta memukul makhluk itu jika tertangkap dengan palu. Namun setelah makhluk liar yang berwujud anak manusia tertangkap, Arlo malah membebaskannya kembali.

Melihat anak liar kabur, Henry mengejar  dan meminta Arlo ikut denganya mengikuti jejak anak liar. Cuaca memburuk dan hujan pun turun. Arlo kuatir tersesat, tapi Ayahnya mengatakan selama dia bisa menemukan sungai, maka dia akan bisa menemukan jalan pulang ke rumah.

Petir dan badai berkecamuk. Arlo tergelincir, tanah longsor membuat sungai memuntahkan airnya seperti bah. Ayahnya masih sempat menyelamatkan Arlo sebelum dirinya hanyut. Di mulai lah petualangan Arlo menemukan jalan pulang. Perjalanan yang penuh tantangan, bukan sekedar pencarian rumahnya namun juga pencarian jati diri...

***

Itu sedikit cerita di awal film “The Good Dinosaurus”. Menurutku film sangat bagus. Dari segi visual sudah tidak diragukan lagi, film keluaran Pixar pastilah emejing. Meski ada yang mereviu bahwa cerita di film ini terlalu sederhana dan mainstream, menurutku justru itulah salah satu kelebihannya. Tanpa banyak dialog, gambar sudah bisa melukiskan jalan ceritanya. Toh setiap film pastilah akan memberi kesan yang berbeda bagi setiap penonton.

BACA JUGA : BUKU GRATIS, AYAH ADA AYAH TIADA

Film ini cukup bagus di tonton bersama keluarga, karena memberikan pesan moral baik untuk orangtua ataupun anak. Berikut pesan moral yang dapat diambil dari film “The Good Dinosaurus” :

Pesan bagi orangtua :
  1. Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Meski lahir dari rahim yang sama, mereka adalah pribadi yang memiliki keunikan masing-masing.
  2. Sosok Ayah sangat penting bagi perkembangan psikologis anak lelakinya. Ayah harus mampu menumbuhkan keberanian, rasa tanggung jawab, dan kemandirian kepada anak-anaknya, seperti yang dilakukan oleh Henry (ayah Arlo). 
  3. Orangtua perlu memberikan tugas-tugas atau pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuan anak, agar mereka tumbuh mandiri. Jika merasa belum mampu, tugas orangtua lah untuk terus men-support dan membimbingnya dengan sabar.
 Pesan bagi anak :
  1. Jangan takut belajar sesuatu yang baru. Jika memiliki niat baik, meski awalnya tampak sulit, selalu ada jalan untuk melewatinya. Seperti perjalanan Arlo menemukan jalan pulang.
  2. Percayalah pada kemampuan diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing, kita hanya butuh untuk menggali dan mengasah kemampuan yang kita miliki. Arlo dengan tubuh mungilnya, memiliki hati yang baik, setia kawan, dan suka menolong. Itulah kelebihan yang dimilikinya, sehingga mampu menemukan kembali rumahnya meski dengan perjalanan yang panjang.
  3. Keluarga adalah segalanya. Keluarga yang baik mampu memberikan kekuatan yang besar untuk bertahan dan menaklukan rintangan. Jangan lupakan keluargamu...sejauh apapun kamu melangkah, pulanglah ke rumah. Temui orang-orang yang selalu mendoakanmu, mungkin saja kekuatanmu berasal dari doa-doa yang mereka lantunkan.

Pembelajar sepanjang hayat, anak3, masih belajar menekuni blogging meski berkejaran dengan kesibukan di dunia nyata.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
25 Februari 2018 04.07 delete

Saya juga suka film ini, dan menurut saya, ini adalah salah satu karya terbaik Pixar. :D
Ceritanya sederhana dan cocok bagi segala usia. :)

Reply
avatar
25 Februari 2018 17.12 delete

Toss mas Agung :) Film ini salah satu yg terbaik dari Pixar.

Reply
avatar