Memaknai Rezeki dan Cara Menggapainya

ANAK3.COM - Memaknai Rezeki dan Cara Menggapainya. Seringkali kita mendengar ucapan saat ada yang berulang tahun, “Selamat ulang tahun ya, semoga bertambah rezekinya.” Lalu apa yang dimaksud dengan rezeki? Apakah gaji yang tinggi, punya uang banyak, harta berlimpah, mobil bisa gonta ganti, rumah ada di mana-mana? Ternyata, menurut ibnu al Manshur, rezeki bukan hanya dalam bentuk materi, namun lebih dari itu, semua kebaikan yang dapat dinikmati pun terhitung sebagai rezeki.

Jadi dapat dikatakan, pengertian rezeki dalam Islam adalah semua hal yang Alloh berikan kepada semua makhluk-NYA, baik dalam bentuk materi maupun batiniah, sebagai cerminan sifat rahman dan rahim-NYA. Makna rezeki dalam bentuk batiniah, misalnya ketenangan hidup, terbebas dari rasa iri dengki, diberikan keluarga yang tenteram, pasangan hidup yang menyenangkan hati, anak-anak yang sehat dan shalih. Itu semua termasuk rezeki.

cara menggapai rezeki Alloh

Lebih lanjut, rezeki menurut Al-Quran, dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

1. Rezeki yang pasti diberikan untuk semua makhluk-NYA.

Alloh memberikan jaminan, bahwa tidak ada suatu binatang melata pun di bumi, melainkan Alloh-lah yang memberikan rezekinya, seperti yang tercantum dalam firman-NYA, Q.S Huud ayat 6. Sekali-kali coba amati, seekor cicak yang menempel di dinding rumah, tidak bisa terbang, tapi dengan kemampuan yang Alloh berikan, cicak mampu menerkam seekor nyamuk yang notabene bisa terbang. Itu lah salah satu contoh kecil, bagaimana Alloh menjamin rezeki setiap makhluk-NYA.

BACA JUGA : SADAWIRA SI ANAK DURHAKA

2. Tingkatan kedua, rezeki menurut Al-Quran adalah rezeki yang harus diusahakan.

Ada rezeki yang tidak datang dengan sendirinya, namun harus diupayakan, seperti yang tersirat dalam Al-Quran surah Ar-Raad ayat 11, “Sesungguhnya Alloh tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka.” Contohnya rezeki dalam hal harta. Manusia harus bekerja untuk mendapatkan upah atau gaji. Bahkan pernah diceritakan bahwa tangan salah satu sahabat Rasullullah bernama Sa’ad bin Muadz, dicium oleh beliau karena mengetahui tangan tersebut setiap hari dipakai untuk mengolah tanah dan mengangkut air, sehingga menjadi kasar dan kotor. Itulah penghargaan Nabi untuk orang yang selalu berusaha untuk mendapatkan rezeki halal, meski dengan susah payah.

3. Tingkatan kedua, rezeki menurut Al-Quran adalah rezeki yang dijanjikan oleh Alloh.

Rezeki ini diberikan kepada hamba-NYA yang pandai bersyukur dan menaati semua aturan-NYA, seperti firmannya dalam Al-Quran surah Ibrahim ayat 7.

Sedangkan, cara menggapai rezeki Allah, dapat dilakukan dengan beberapa jalan, diantaranya :

1. Ikhtiar dan Usaha

Meskipun sudah dijamin oleh Alloh, bukan berarti juga hanya berdiam diri. Namun tetap harus berusaha, seperti yang Alloh sampaikan dalam Al-Quran surah An Najm ayat 39, “Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” Bahkan putri Rasullullah, Fathimah Azzahra, menggiling tepung sendiri tanpa bantuan pembantu, untuk membuatkan makanan bagi keluarganya. Begitu tinggi, penghargaan Islam terhadap orang-orang yang mengupayakan rezekinya dengan sungguh-sungguh.

2. Cara menggapai rezeki Alloh selanjutnya, adalah dengan menikah dan memiliki anak.

Alloh sudah mengabarkan kepada orang-orang yang masih belum menikah, agar segera menikah. Jangan takut miskin, karena Alloh akan memberikan kemapanan kepada mereka. (Q.S. An Nur : 32). Coba perhatikan di sekitar kita, barangkali pernah mendapati ada orang yang masih single, memiliki gaji besar, tapi terus merasa kekurangan, tidak ada sisa yang bisa ditabung. Begitu menikah, Alloh memberikan rezeki dengan cara memberikan pasangan yang menenteramkan, sehingga semuanya bisa ter-manage dengan baik. Sedikit demi sedikit ia mulai bisa menabung dan mencukupi kebutuhan keluarganya.
Ketika Alloh menganugerahkan seorang anak pun, Alloh sudah memberikan jaminan atas rezeki si anak. “...Kami lah yang akan menanggung rezeki mereka & juga (rezeki) bagimu.” (Q.S. Al-Isra : 31).

BACA JUGA : BEKAL AGAR ANAK JADI PEMIMPIN

3. Bersyukur dan ber-istighfar

Cara menggapai rezeki Alloh yang ke 3 adalah dengan bersyukur dan beristighfar. Alloh menyukai hamba-NYA yang bersyukur atas nikmat yang telah diberikan dan menggunakannya untuk kebaikan, niscaya Alloh akan menambah nikmat-NYA. (Q.S. Ibrahim : 7). Dalam surah lain disebutkan pula bahwa Alloh akan memperbanyak harta, jika hamba-NYA banyak ber-istighfar. Ini bisa dipahami karena salah satu hal yang menghambat rezeki adalah dosa yang dilakukan. Dengan istighfar, maka Alloh akan mengampuni dosa-dosanya dan Alloh akan mengirimkan hujan yang membawa rahmat dan akan memperbanyak harta. Q.S. An Nuh : 10-11.

4. Cara ke empat adalah dengan bersedekah.

Sedekah adalah pemantik mengalirnya rezeki, seperti dalam firmannya, “Siapakah yang mau member pinjaman kepada Alloh, pinjaman yang baik (infak dan shodaqoh, maka Alloh melipatgandakan pembayaran kepadanya, dengan lipatan yang banyak.” (Q.S. Al Baqarah : 245).

Dan perlu diketahui bahwa sedekah yang terbaik adalah sedekah yang diberikan kepada keluarga dan kerabat, karena di dalamnya terdapat 2 bagian yaitu mendapatkan pahala dan menyambung silaturahim.

Semoga kita dapat memaknai rezeki dengan benar dan bisa menggapainya dengan cara-cara yang diridhoi Alloh. Aamiin.

Pembelajar sepanjang hayat, anak3, masih belajar menekuni blogging meski berkejaran dengan kesibukan di dunia nyata.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
28 Februari 2018 04.07 delete

amin mudah2an bisa selalu berkah yaaa ^^ kayaknya rezeki itu memang nggak hanya materi. Sehat yg penting bagi saya^^

Reply
avatar
28 Februari 2018 17.33 delete

Leres mbak, sehat pun rezeki. Mbak pasti pernah menyaksikan orang yang berobat atau dirawat di RS. Sy menyaksikannya setiap hari, dan dari mereka lah, kita bisa belajar mensyukuri rezeki dalam sehat. :)

Reply
avatar
1 Maret 2018 01.28 delete

aamiin.. yang penting dari rizki adalah barokahnya ya :)

Reply
avatar
1 Maret 2018 07.45 delete

Iya mbak, keberkahan dalam rezeki, membuat hidup tenang dan bersyukur :)

Reply
avatar
17 Maret 2018 09.26 delete

bener, mba. sedekah membuka pintu rezeki, istighfar juga. rasanya rezeki mbrudul deh. :D

Reply
avatar
18 Maret 2018 21.20 delete

Aamiin mba Ila, semoga rezeki kita makin mbrudul :)

Reply
avatar