MEMBUAT VIDEO DRAW MY LIFE BERSAMA ANAK

MEMBUAT VIDEO DRAW MY LIFE BERSAMA ANAK. Awal bulan ini, Sulung yang masih duduk di bangku kelas 4 SD mendapat project membuat video draw my life. Project ini adalah tugas yang diberikan setiap akhir triwulan dan hasilnya akan ditampilkan di hadapan wali siswa saat pengambilan raport. Tentu saja, project setiap triwulan berbeda-beda, kadang dikerjakan secara individu, kadang secara berkelompok. Seperti adiknya yang masih kelas 1, mendapat project membuat bola coklat pelangi. Si adik bersama teman sekelompoknya, mempresentasikan alat dan bahan yang diperlukan serta cara membuatnya. Alhamdulillah, anak-anak sangat antusias mengerjakan projectnya.

Pertama kali mendengar draw my life, sama sekali nggak paham apa itu draw my life? Yang ada dalam benak kami, draw my life ya gambaran atau perjalanan tentang hidup, dan dibuat dengan aplikasi video editor. Kami yang biasanya gugling untuk mencari informasi tambahan, eh kok ya nggak kepikiran untuk gugling. Jadilah video yang kami buat tidak seperti draw my life para selebyoutuber. Kalo mereka membuat dengan cara menggambar dan diedit dengan aplikasi video editor, kami membuatnya dengan merangkai foto-foto menjadi sebuah cerita dalam bentuk video.

membuat draw my life

Barangkali ada sahabat yang tertarik membuat draw my life untuk anak-anak, berikut tahapan-tahapan yang dilakukan Sulung dalam membuat video draw my life :

1. Membuat garis besar cerita yang ingin disampaikan. Secara umum cerita yang kami buat berisi tentang informasi diri si Sulung, hobinya sejak kecil, aktifitasnya di rumah, riwayat sekolahnya dari PAUD, TK sampai kelas 4 SD serta prestasinya di sekolah. Prestasi ini penting diceritakan bukan untuk pamer, tapi untuk memotivasi dirinya agar lebih berprestasi, syukur jika bisa menginspirasi teman-teman dan wali siswa yang menyaksikan videonya.

Ada satu dua gambar saat Sulung asyik bermain di pantai bersama kedua adiknya, namun tidak dominan kami ceritakan. Kami hanya ingin menyampaikan sedikit pesan bahwa membangun kebersamaan di antara saudara, mutlak diperlukan sejak kecil. Jadi poinnya bukan kita sudah pernah travelling kemana aja, naik pesawat atau seberapa jauh, namun moral storinya apa yang bisa disampaikan kepada penonton.

BACA JUGA : CARA AGAR ANAK MAU BELAJAR TANPA DISURUH

Dari video teman-teman si Sulung, ada satu dua temannya yang memperlihatkan foto-foto berlibur ke tempat yang jauh. Sayangnya hanya memperlihatkan foto disertai caption “saat di lokasi wisata”, tanpa ada keterangan lebih lanjut. Tentu akan lebih menarik jika ada keterangan tambahan misalnya pengalaman dan kesannya selama liburan ke tempat yang jauh itu, sehingga teman-temannya yang lain bisa ikut mengambil pelajaran travelling tersebut.

Dalam cerita tersebut, kami juga menyampaikan tentang harapan atau impiannya kelak, tentang impiannya melanjutkan sekolah atau kuliahnya. Ini penting agar mereka belajar memetakan perjalanan hidupnya dari sekarang dan memotivasi dirinya agar lebih tekun belajar menggapai cita-citanya.

Jadi tentu saja, video draw my life yang dibuat oleh anak SD kelas 4 berbeda dengan para selebyoutuber. Kalo selebyoutuber membuat video draw my life setelah mereka sukses, maka anak SD membuatnya untuk membantu menanamkan nilai-nilai kebaikan apa yang sudah diraihnya sehingga memotivasinya untuk lebih baik lagi.

2. Mengumpulkan foto-foto yang sesuai dengan alur cerita yang sudah dibuat. Tahapan ini yang butuh waktu lama, karena mesti memilah dan memilih foto mana yang akan mengilustrasikan cerita. Kami memilih foto yang paling berkesan dan memberikan efek positif bagi anak. Foto yang dipilih juga tidak terlalu banyak karena harus menyesuaikan dengan durasi video. Project video ini dibatasi oleh gurunya, maksimal durasi 10 menit, namun kami hanya membuat video dengan durasi sekitar 5 menit. Mengapa? Agar tidak membosankan bagi yang melihatnya dan pesan positifnya bisa tersampaikan dengan baik.

3. Memilih musik instrumental sebagai backsound video. Untuk video ini, si Sulung sendiri yang memilihnya, music dari Winter Sonata – My Memory (piano instrumental).

BACA JUGA : MEMAKNAI REZEKI DAN CARA MENGGAPAINYA

4. Melakukan rekaman suara sesuai dengan cerita yang sudah dibuat. Kami membuatnya dengan bantuan hp android. Sebenarnya bisa langsung menggunakan aplikasi video editor, namun kami tidak memiliki microphone. Sayang sekali, beberapa hari terjadi hujan deras, sehingga rekaman suara terdengar kurang jernih karena suara hujan. Sementara kemampuan saya untuk mengedit sangat kurang.

5. Mengkompilasi foto, music dan hasil rekaman suara menjadi video. Kami menggunakan aplikasi AVS Video Editor 7.0. Aplikasi ini sangat mudah dipakai.

Setelah selesai, video kami tonton dan semua anggota keluarga menyukainya, dan Alhamdulillah, video draw my life si Sulung mendapat apresiasi sebagai The Best Project Video Draw My Life. Kami tidak mengetahui kriteria apa yang dipakai oleh guru wali kelas si Sulung. Kami hanya berpatokan bahwa video ini dibuat untuk tugas anak SD kelas 4, jadi mestinya bisa memotivasi mereka untuk lebih tekun belajar dan menginspirasi mereka untuk menggapai impian dan cita-citanya.

Mohon maaf, video draw my life si Sulung tidak diperkenankan untuk di upload, jadi saya beri contoh video draw my life lain, yang sangat menginspirasi anak muda untuk menjadi generasi yang lebih baik. Draw my life song dari Atta Halilintar:

Pembelajar sepanjang hayat, anak3, masih belajar menekuni blogging meski berkejaran dengan kesibukan di dunia nyata.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
23 Maret 2018 04.11 delete

wah tugas anak sd sekarang menarik ya udh disuruh bikin video selamat ya buat sisulung dapat The Best Project Video Draw My Life

Reply
avatar
23 Maret 2018 22.53 delete

Iya bang, beda dg dulu kita sekolah SD, zamannya beda, tantangan dan peluangnya pun beda. Sangat bagus, anak-anak dikenalkan dg tugas-tugas yg kreatif. :)

Reply
avatar
27 Maret 2018 08.07 delete

Waah kok keren banget ini ya.. Kreatif banget, besok lusa aku ajarkan ke ponakanku ah

Reply
avatar
27 Maret 2018 18.21 delete

Iyaa mbak Ella, project yang diberikan setiap akhir Triwulan memang sangat kreatif, anak2 kami pun menyukainya. Silakan dicoba... :)

Reply
avatar